Thursday, May 3, 2012

Coloring Mind


Mendapatkan banyak info, cerita, dan pengalaman adalah sebuah hal yang berharga untuk saya pribadi. Bertemu dengan ber bagai2 macam orang juga merupakan hal yang sukaaa sekali saya lakukan, untuk saya memiliki banyak hal dalam otak adalah hal yang sangat positif dan menyenangkan. Dalam keseharian seringkali saya terjebak dengan sebuah mind set tertentu yang membuat saya tidak mau untuk melihat atau sekedar menengok dan memahami mind set yang lain, walaupun tdk harus setuju dengan mind set yang lain. Hidup ini tentu saja beragam, begitupun karakter dan sifat manusia, tapi menjadi berbeda adalah sebuah keunikan yang mau tidak mau harus kita akui, kita adalah pribadi2 unik yang memang diciptakan seperti itu, dan tidak ada kewajiban bagi kita untuk menjadi sama dengan orang lain, namun untuk memperluas pengetahuan, kemampuan, potensi, karakter dan mental kita, kita memang butuh untuk membaca, melihat, mendengar, dan memahami apa yang kita baca, dengar, lihat dan rasakan dari sekeliling kita.

Coloring mind adalah istilah saya sendiri, tidak muluk2, buat saya coloring mind lebih ke arah menangkap semua informasi yang ada di sekeliling kita dan menyimpannya dalam hati dan pikiran. Tidak ada informasi, persepsi atau pendapat yang salah atau benar, semuanya hanyalah input untuk membuat pemikiran dan mindset kita menjadi berwarna, dan memperkaya pengetahuan, agar pada saat menghadapi hidup ini kita tidak menjadi terlalu kaku atau justru menjadi “nyemek” (hahaha... istilah saya untuk pribadi yang tidak memiliki pendirian).

Coloring sendiri secara harafiah berarti mewarnai, begitu juga dengan aktifitas ini. Saya coba lakukan coloring mind dengan cara:

Find the opportunity
Banci ketemu atau sekedar ngobrol sama orang lain yang baru dikenal, itu adalah kebiasaan “kebancian” saya. Entah kenapa memang dari sana nya sudah seperti itu :p senang sekali jika bisa ngobrol dengan orang lain, atau mendapatkan informasi dari media on line, cetak, atau media apapun di sekeliling kita.

Listening

Listening disini bukan hanya terbatas pada indra pendengarana saja, tapi juga semua panca indra kita, sehingga bisa membuat kita “mengerahkan” seluruh kemampuan indra kita. Jangan lupa practice make perfect, klo talenta tdk pernah digunakan, maka akan semakin mengecil dan hilang

Capture
Ingatan kita tentu nya engga secanggih komputer yang sekali input besok2 langsung bisa di keluarkan lagi, so we NEED to capture it!! Catat, foto, video, ataupun boomark apapun yang menginspirasi kita saat ini, maupun yang punya kemungkinan untuk menginspirasi kita di masa depan

Keep it and roll it when you need
Setelah di catat, foto, video atau bookmark... nah... aman deh.... mungkin kita ga butuh atau belum bisa mengeksekusi nya, tapi suatu saat biasanya akan butuh... Karena ide itu mahal banget harganya.

"Coloring mind is not difficult as long you have a wide space and open minded heart"











No comments:

Post a Comment